Strategi Pemasaran Asuransi: Tips Cara Menawarkan yang Efektif

BrightAdvisor.co.id – Strategi Pemasaran Asuransi: Kalau kamu bekerja di bidang asuransi, kamu bisa yakin bahwa akan selalu ada permintaan untuk layanan kamu. 

Mungkin sekarang, lebih dari sebelumnya, dengan begitu banyak ketidakpastian, orang berusaha melindungi aset mereka.

Mempertimbangkan kebutuhan akan asuransi yang selalu ada, bisnis kamu tidak perlu berjuang untuk menghasilkan prospek dan prospek yang berkualitas. 

Sering kali, masalah perusahaan asuransi, pialang, dan agen memicu pertumbuhan mereka bukanlah kurangnya pelanggan potensial; tetapi pengetahuan yang tidak memadai tentang cara memasukkannya ke saluran pipa kamu.

Namun, ada banyak cara penting bagi perusahaan asuransi untuk menghasilkan arahan, bahkan kalau kamu bukan ahli dalam seni penjualan!

Tips Strategi Pemasaran dalam Menawarkan Asuransi yang Efektif

Strategi Pemasaran Asuransi

Di blog ini, kami akan menjelajahi 15 cara terbaik kami untuk menghasilkan prospek asuransi , dan bagaimana beberapa industri paling populer saat ini (asuransi jiwa, kesehatan dan mobil, dll.) bisa mempraktikkannya.

Strategi Pemasaran Asuransi dengan Konten dan Blogging

Tahukah kamu bahwa 93% dari semua pencarian online dimulai dengan mesin pencari? kalau kamu bertanya-tanya bagaimana mengarahkan sebagian dari lalu lintas bertarget itu ke situs web kamu, semuanya dimulai dengan pemasaran konten.

Pemasaran konten adalah jenis strategi pemasaran yang melibatkan pembuatan dan berbagi materi online (seperti video, blog, pos media sosial, dll.)

Untuk merangsang minat pada produk atau layanan dan untuk membangun kredibilitas sebagai pakar industri ‘go to person’. 

Biasanya, perusahaan menyusun strategi pemasaran konten mereka di sekitar serangkaian kata kunci atau frasa kunci pilihan yang biasanya digunakan oleh pelanggan mereka. 

Kata kunci ini memberi tahu mesin telusur bahwa kontennya cocok untuk jenis pertanyaan dan penelusuran pengguna tertentu. Dan yang terpenting, statistik menunjukkan bahwa strategi itu berhasil!

  • Pemasaran konten memberikan prospek 3X lebih banyak daripada saluran pemasaran lainnya
  • Biaya pemasaran konten 62% lebih murah daripada saluran pemasaran lainnya
  • Perusahaan yang menggunakan blog untuk pemasaran konten 13X lebih mungkin menunjukkan ROI positif

Beberapa perusahaan asuransi berjuang untuk memikirkan topik dan jenis konten yang mungkin menarik bagi pengguna mereka. Tapi sungguh, peluangnya tidak terbatas!

Pemasaran konten memberi kamu kesempatan untuk menginformasikan, menghibur, dan mengedukasi calon perusahaan tentang topik yang terkait dengan industri kamu. 

Semakin banyak nilai yang kamu berikan, semakin banyak kepercayaan yang kamu bangun. Semakin banyak kepercayaan yang kamu bangun, semakin banyak pelanggan potensial yang kamu bawa.

Prinsip yang sama juga berlaku untuk strategi kita selanjutnya:

Strategi Pemasaran Asuransi: Aktif di Media Sosial

Cara lain untuk membangun nilai dan kepercayaan, dan pada gilirannya memimpin adalah melalui media sosial.

Media sosial bukan lagi sekadar tempat untuk terhubung dengan teman dan keluarga. Itu telah menjadi pusat perdagangan dan kontak. Dan tidak hanya untuk perusahaan B2C saja. 

Satu studi terbaru menunjukkan 84% pembeli C-level dan VP-level dipengaruhi oleh media sosial saat membeli.

Artinya, kalau agen asuransi kamu berfokus pada audiens B2B dan kamu belum menggunakan media sosial, kamu bisa kehilangan peluang besar untuk terhubung dengan pembuat keputusan.

Tidak yakin bagaimana memulainya ? Gunakan proses 6 langkah sederhana ini untuk memulai:

  1. Lakukan audit terhadap kehadiran media sosial kamu saat ini dan bekerjalah dengan tim kamu untuk membuat sasaran untuk setiap saluran kamu.
  2. Lihat apa yang sedang (dan tidak) dilakukan pesaing kamu di media sosial dan pikirkan cara-cara kreatif untuk merespons di saluran kamu sendiri.
  3. Buat rencana untuk menerapkan strategi kamu dan sisihkan waktu setiap minggu untuk media sosial.
  4. Buat dan bagikan konten (terutama dari blog kamu seperti yang disebutkan di atas!) dan berinteraksilah dengan pengikut kamu dan dengan merek lain.
  5. Terus evaluasi dan optimalkan performa media sosial kamu berdasarkan data analitik dari kampanye kamu.
  6. Secara konsisten mencari cara untuk meningkatkan pengikut, meningkatkan kesadaran merek online, dan mendapatkan lalu lintas web yang ditargetkan.

Strategi Pemasaran Asuransi: Aktif di Komunitas

Karena sifat asuransi, pelanggan ingin bekerja dengan agensi dan agen yang bisa mereka kamulkan; agen yang membawa nilai yang sama. 

Salah satu cara terbaik untuk membuktikan nilai-nilai kamu adalah dengan terlibat dalam komunitas lokal kamu.

Tanggung jawab sosial perusahaan telah menjadi salah satu kriteria terpenting yang dicari pelanggan di vendor mereka saat ini. 

Dan meskipun memberi kembali mungkin merupakan sesuatu yang ingin kamu lakukan di luar menghasilkan penjualan, hal itu mungkin masih memiliki pengaruh positif terhadap opini publik tentang kamu atau agensi kamu. 

Dengan kata lain, ini benar-benar win-win! Berpartisipasi dalam, mensponsori, atau mengorganisir acara amal adalah ide bagus untuk agen yang mewakili semua jenis industri asuransi. 

Temukan sesuatu yang kamu sukai yang bisa kamu kamulkan. Misalnya, kalau kamu mewakili perusahaan asuransi mobil, kamu bisa mensponsori acara untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya mengemudi di bawah pengaruh. 

Atau, kalau kamu adalah perusahaan asuransi jiwa, sponsori donor darah gratis. Kamu akan terkagum-kagum melihat seberapa jauh niat baik bisa membawa kamu di mata pelanggan potensial.

Strategi Pemasaran Asuransi: Referensi

Telah terbukti berkali-kali bahwa rujukan bekerja dalam menghasilkan prospek yang berkualitas. 

Klien yang berasal dari rujukan telah menunjukkan dalam studi memiliki nilai seumur hidup 59% lebih tinggi dan tingkat konversi 71% lebih tinggi dibandingkan dengan klien non-rujukan. 

Sebagian besar perusahaan asuransi menginginkan rujukan, mereka hanya tidak yakin bagaimana cara memintanya!

Ada beberapa cara untuk mendekati ini:

  • Pergi untuk bertanya langsung – Mintalah teman, keluarga, dan pelanggan yang bahagia saat ini untuk memberikan informasi kamu ke kontak mereka (Kebanyakan orang tidak akan berpikir untuk melakukan ini kecuali kamu memintanya!)
  • Buat kemitraan dengan agen/merek lain – kalau kamu bekerja di asuransi jiwa, pertimbangkan untuk membentuk kemitraan dengan agen di sektor lain. Kemudian, buat program jaringan rujukan dengan mereka yang berfungsi dua arah.
  • Bangun Jaringan kamu – Berpartisipasi dalam grup bisnis lokal atau cari acara pembicara
  • Tawarkan program insentif kepada pelanggan kamu – Berikan diskon atau promosi khusus kepada pelanggan untuk referensi yang memenuhi syarat yang mereka kirimkan kepada kamu

Menggunakan Layanan Cold Calling untuk Memperluas Jangkauan

Panggilan dingin mungkin tampak seperti metode ‘jadul’ untuk menghasilkan prospek di lingkungan yang digerakkan oleh internet saat ini. 

Namun, panggilan dingin masih merupakan alat yang sangat berguna untuk menghasilkan arahan asuransi! Faktanya, 57% pembeli tingkat C lebih suka kalau tenaga penjualan menelepon mereka.

Masalahnya sering kali perusahaan atau agen asuransi tidak memiliki bandwidth atau keinginan untuk melakukan ratusan, apalagi ribuan panggilan dingin, yang mengarah ke strategi macet yang tidak berhasil.

Jawabannya adalah bermitra dengan layanan panggilan dingin yang bisa melakukan panggilan untuk kamu! Ada banyak manfaat untuk melakukan ini, tidak sedikit yang meliputi:

  • Layanan panggilan dingin yang hebat bisa menjangkau lebih banyak prospek dalam waktu yang lebih singkat
  • Layanan cold-calling profesional mengetahui cara melakukan cold-call yang efektif, sehingga kamu tidak perlu menghabiskan waktu memikirkan kurva belajar yang ekstrem
  • Layanan cold-calling bisa melakukan pra-kualifikasi prospek kamu, hanya mengirimkan prospek yang paling berkualitas dan siap ditutup ke arah kamu
  • Layanan panggilan dingin bisa memberikan ROI yang jauh lebih baik daripada melakukannya sendiri. Dan bisa membuat jalur pipa kamu terisi dengan prospek yang berkualitas sementara kamu fokus untuk menutupnya

Kebanyakan orang mengakui bahwa menjual asuransi itu sulit. Mereka mengalami banyak kesulitan dari rekan kerja hingga klien potensial yang mereka coba jual.

Selalu Berpakaian yang Terlihat Profesional

Berpakaian secara profesional adalah salah satu hal terpenting yang bisa kamu lakukan untuk pertemuan klien . kamu tidak bisa sukses dalam penjualan kalau kamu tidak tahu cara berpakaian.

Ketika kamu pergi untuk promosi penjualan, kamu harus selalu melihat yang terbaik. Satu hal yang perlu kamu ketahui adalah bahwa hal pertama yang dilihat orang saat kamu mendekati mereka adalah pakaian kamu.

Ada berbagai jenis dan gaya yang perlu kamu gunakan saat mencoba menjual.

Untuk seorang pria, kamu harus selalu mencari tampilan korporat dan cerdas. Ini adalah pilihan terbaik. Berpakaian cerdas dengan jas dan dasi yang bagus yang akan melengkapi gaya kamu. Selalu harum. Saat kamu ingin memasuki presentasi dengan penampilan dan wangi, kamu akan dianggap serius.

Untuk seorang wanita, kamu harus berpakaian secerdas itu. Tidak ada yang mau berbicara tentang asuransi dengan seseorang yang tidak terlihat seperti itu.

Selalu terlihat yang terbaik, dan kamu akan melihat bahwa klien akan terus mendatangi kamu. Orang akan lebih menghormati kamu ketika kamu terlihat pintar. Jadi selalu berusaha untuk terlihat terbaik.

Pergi Dengan Tim Sales yang Lengkap

Satu hal yang harus kamu ketahui adalah bahwa kamu tidak boleh pergi sendirian. Selalu pergi dengan tim sehingga ide-ide yang berbeda akan dibagikan.

Kalau kamu berbicara kepada orang-orang, kemungkinan besar mereka akan mendengarkan kamu saat kamu tidak sendirian. kalau kamu pergi sendiri, kamu akan lebih mudah untuk diberhentikan.

Pada hari kamu memutuskan untuk melakukan promosi penjualan, pastikan tim kamu memiliki titik stres yang berbeda. Kunci dari lemparan yang gagal adalah setiap orang di tim terus mengatakan hal yang sama berulang kali.

Kalau kamu menjual asuransi kamu, sekelompok orang harus berbicara tentang fitur-fitur rencana tersebut, dan kelompok lain harus berbicara tentang manfaat dari rencana tersebut. 

Ketika orang yang berbeda menyampaikan promosi penjualan, semuanya akan berjalan lancar. Saat kamu menyampaikan nada sendirian, selalu ada kemungkinan besar kamu akan melupakan hal-hal tertentu. 

Ini normal, tetapi bisa dihindari. Di sisi lain, jangan membawa terlalu banyak orang. Kisaran yang baik adalah empat hingga enam individu.

Koreksi Materi Komunikasi kamu

Materi apa pun yang kamu gunakan untuk presentasi, pastikan kamu telah mengoreksinya.

Satu hal yang harus kamu ketahui adalah bahwa orang selalu dimatikan oleh kesalahan setiap kali mereka melihat nada kamu. Ketika buklet atau file presentasi kamu penuh dengan kesalahan, kemungkinan besar prospek kamu akan segera keluar.

Dalam kasus seperti ini, apa yang akan kamu lakukan? Pertama, siapkan bahannya. kalau kamu memilih untuk menggunakan presentasi PowerPoint atau hanya buklet yang menunjukkan semua yang kamu tawarkan, persiapkan terlebih dahulu dengan benar. 

Luangkan waktu kamu dan selesaikan semuanya dengan benar dan pastikan kamu memperhatikan detailnya. Saat kamu menyiapkan materi kamu, pastikan kamu mengidentifikasi nilai jual unik kamu untuk dilihat prospek kamu.

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah melatih presentasi kamu di depan sebanyak mungkin orang. Orang-orang ini akan membantu kamu memperbaiki kesalahan dan memperbaiki struktur tata bahasa. 

Memiliki materi presentasi yang tepat akan menjamin kesuksesan. Saat kamu mengerjakan materi presentasi kamu, kerjakan juga presentasi lisan kamu. 

Ketika kamu memiliki presentasi yang ditulis dengan baik didukung oleh presentasi lisan yang baik, penjualan kamu akan meningkat pesat. Ingatlah selalu hal ini.

Strategi Pemasaran Asuransi: Selalu Transparan

Hal lain yang penting kalau kamu ingin mendapatkan lebih banyak penjualan asuransi adalah transparan tentang produk kamu.

Kalau orang yang kamu jual mengetahui bahwa kamu berbohong, kemungkinan besar mereka tidak akan membeli dari kamu karena kamu telah kehilangan kompetensi dan kepercayaan mereka.

Saat kamu mempersiapkan promosi penjualan kamu, jangan pernah berbohong tentang apa pun. Kumpulkan semua fakta penting tentang perusahaan dan sajikan kepada prospek kamu dengan cara terbaik yang kamu bisa.

Saat kamu bekerja dalam tim kamu, cobalah yang terbaik untuk menawarkan semua yang kamu bisa.

Satu hal yang perlu kamu ketahui adalah fakta bahwa kamu berusaha untuk transparan tidak berarti kamu akan mengungkapkan semua hal negatif di perusahaan. 

Mungkin ada beberapa masalah di tempat kamu bekerja, tetapi itu tidak boleh menjadi bagian dari pidato kamu. Di pasar, orang suka membeli asuransi dari perusahaan besar.

Kalau kamu bekerja di perusahaan kecil, kamu harus berusaha lebih keras dalam promosi kamu. Cobalah dan bersikap transparan dan beri tahu mereka mengapa mereka harus memilih kamu.

Meskipun bukan tip yang paling umum untuk menjual asuransi, ini adalah tip yang tidak boleh kamu abaikan.

Selalu Tekankan Manfaat dari Setiap Polis

Agar kamu berhasil menjual asuransi kepada siapa pun, mereka harus jelas tentang manfaat polis asuransi kamu. Ini adalah salah satu tip terpenting untuk menjual asuransi, dan ini berhasil setiap saat.

Kamu mungkin tahu semua manfaatnya, tetapi beberapa orang tidak tahu sebanyak kamu. Saat kamu menjual, cobalah yang terbaik untuk menjelaskan sebanyak mungkin kepada pelanggan kamu.

Ketika orang mencoba asuransi, mereka tahu segalanya tentang itu. Paket, prosedur pembayaran, dan bagaimana mereka bisa didaftarkan. Adalah tugas kamu untuk memberi tahu mereka semua ini.

Kesalahan yang dilakukan oleh banyak pemasar pemula adalah bahwa mereka menghabiskan seluruh waktu mereka untuk berbicara tentang apa yang mereka jual dan bagaimana itu dibuat, daripada manfaatnya bagi pelanggan. Ini sangat salah.

Kalau kamu pergi ke lapangan dan semua yang kamu bicarakan adalah perusahaan kamu dan pencapaiannya, tidak ada yang mau mendengarkan kamu. Ingat, ini adalah proses penjualan dan bukan waktu untuk pamer.

Cobalah Berkaitan dengan Masalah Klien

Setiap orang yang kamu coba jual selalu memiliki masalah. Jadi, kalau rencana asuransi bisa menyelesaikan masalah mereka dengan cara terbaik, mereka akan membeli dari kamu.

Misalnya, kalau kamu menjual asuransi perjalanan dan bertemu dengan seseorang yang telah mencoba melakukan perjalanan tetapi gagal karena asuransi perjalanan, maka mereka dengan senang hati akan membeli dari kamu.

Satu hal yang sering gagal disadari oleh banyak pemasar asuransi adalah kamu tidak boleh menjual ke pasar yang salah. kalau kamu menjual asuransi, ketahuilah di mana target pasar kamu dan identifikasi masalah mereka.

Mari kita ambil satu contoh. Tidak akan berhasil menjual asuransi perjalanan di rumah sakit. Tidak ada yang mau membeli asuransi perjalanan di sana. Hal terbaik untuk dilakukan adalah menjual asuransi kesehatan atau jiwa. Yang terbaik adalah menemukan pasar kamu dan fokus di sana.

Saat kamu melihat seseorang yang baru saja mendapatkan mobil baru, hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mereka adalah menawarkan asuransi mobil yang bagus. Inilah cara kamu menjual secara efektif.

Ketika kamu mengetahui klien kamu dan masalah mereka, penjualan akan lebih mudah bagi kamu.

Dapatkan Keterampilan Profesional

Seiring waktu, memperoleh keterampilan profesional telah diidentifikasi sebagai salah satu tip utama untuk menjual asuransi, terutama bagi agen yang ingin mengubah prospek menjadi klien.

Sementara kebanyakan orang mengabaikan tip penjualan asuransi inti ini, kamu seharusnya tidak melakukannya. Ini pada dasarnya adalah salah satu cara untuk menjual produk asuransi semudah mungkin.

Dalam bisnis pemasaran asuransi, kamu harus selalu mengutamakan pelanggan. kamu harus selalu melayani audiens kamu dan kalau kamu tidak tahu caranya, itu bisa sangat sulit bagi kamu.

Sebagian besar klien selalu mengharapkan layanan pelanggan terbaik. Dan sebagai pemasar, kamu harus selalu ada untuk membantu dengan cara terbaik yang kamu bisa.

Ketika kamu baik dengan layanan pelanggan kamu, klien kamu saat ini akan tetap ada, dan klien baru akan datang.

Kalau kamu melakukan studi mendalam, kamu akan melihat bahwa pemasar asuransi terbaik adalah mereka yang memiliki keterampilan layanan pelanggan yang baik.

Jadi, apa yang menghentikan kamu untuk mendapatkannya? kamu mungkin bertanya, apa sumber daya terbaik untuk mempelajari keterampilan ini? kami sarankan kamu belajar dari buku sebanyak yang kamu bisa.

Pelajari yang terbaik di industri ini dan cobalah untuk berlatih juga. Ini membuat kamu menonjol.

Pelajari Cara Menampilkan Diri

Kamu adalah orang yang dilihat orang setiap kali mereka membuat keputusan pembelian. Ketika kamu tahu cara menampilkan diri dengan benar, pelanggan kamu akan selalu melihat kamu sebagai seorang profesional dan ingin membeli dari kamu.

Perlu kamu ketahui bahwa meskipun kamu menjual suatu produk, orang hanya membeli dari orang yang bisa dipercaya. kalau mereka tidak mempercayai kamu, akan sulit bagi mereka untuk membeli dari kamu.

Apa yang perlu kamu lakukan?

Pastikan bahwa kamu telah membangun kepercayaan terlebih dahulu dengan pelanggan. Ketika kamu menampilkan diri kamu dengan cara yang baik dan kepercayaan telah dibangun, banyak hal akan berjalan lebih baik untuk kamu.

Strategi Pemasaran Asuransi yang Efektif adalah Selalu Gigih

Satu hal yang perlu kamu lakukan selama proses penjualan adalah bersabar, dan gigih. Sebagai pemasar asuransi, ketekunan adalah atribut penting. Pemasar di seluruh dunia telah menyatakan bahwa kegigihan telah membawa mereka menuju kesuksesan.

Saat kamu keluar untuk menjual asuransi, kegigihan kamulah yang akan membantu kamu menutup kesepakatan. Saat kamu bertemu orang untuk pertama kalinya, selalu ada kemungkinan besar mereka tidak akan membeli dari kamu.

Dalam kasus seperti ini, apa yang kamu lakukan? kamu tidak menyerah.

Untuk mendapatkan bisnis pelanggan kamu, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Yang pertama adalah untuk menekankan manfaat.

Seperti yang kami sampaikan di poin sebelumnya ketika prospek memahami manfaatnya dengan baik, mereka akan mau mempertimbangkannya.

Setelah itu, selalu dorong tawaran kedua. Mungkin, kamu telah kehilangan kesempatan pertama untuk melempar, bukan berarti kamu harus berhenti di situ.

Temukan peluang lain agar mereka mendengar apa yang kamu katakan dan kembangkan informasi baru yang akan membuat mereka tercengang. Ketika pikiran mereka meledak, mereka akan mempertimbangkan tawaran kamu.

Menjual asuransi bukanlah hal yang mudah. Sering kali, dibutuhkan hingga lima percobaan bagi kamu untuk mendapatkan yang benar. Ada pasang surut dan kamu harus bersedia melewatinya kalau kamu ingin menjadi agen yang sukses.

Berusahalah untuk gigih karena ini adalah salah satu tip inti dalam menjual asuransi.

Akhir Kata

Artikel ini telah membahas secara lengkap beberapa tips terbaik dalam menjual asuransi atau strategi pemasaran asuransi yang paling efektif.

Kebanyakan pemula berjuang karena mereka tidak memiliki akses ke informasi yang tepat yang akan mengubah hidup mereka dan memberi mereka hasil terbaik yang bisa mereka dapatkan.

Ada satu saran yang ingin kami berikan kepada pemasar pemula dan berpengalaman: kamu harus selalu berinvestasi pada diri sendiri. Jaringan adalah kunci kalau kamu ingin tetap bertahan dalam karier kamu. 

Semakin banyak kamu bertemu orang, semakin baik penjualan dan bimbingan yang kamu dapatkan, itulah strategi pemasaran asuransi yang mungkin paling efektif.

Asuransi digambarkan sebagai sarana perlindungan dari kerugian finansial dan merupakan salah satu keputusan terbaik yang bisa kamu buat dalam hidup kamu. 

Mendapatkan asuransi adalah cara yang bagus untuk mencegah segala jenis kerugian yang mungkin terjadi secara tidak terduga dan permintaan akan agen penjualan asuransi yang hebat akan terus meningkat.

Ada beberapa jenis asuransi. Ada asuransi perjalanan, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, dan masih banyak lagi, jadi yang terbaik adalah berspesialisasi dalam ceruk asuransi tertentu.

Saat kamu mendapatkan pekerjaan menjual asuransi, ada banyak hal yang perlu kamu ketahui, seperti saat kamu mendapatkan klien, kamu perlu memastikan bahwa kamu menindaklanjutinya dengan benar.

Semoga artikel ini membagikan kepada kamu beberapa tips penjualan asuransi terbaik dan beberapa tips penjualan baru untuk agen asuransi untuk membantu kamu sukses di ceruk asuransi pilihan kamu.

Artikel lainnya: